Ganjar Edukasi Ribuan Warga Lampung Cara Nyoblos di Pilpres 2024

JAKARTA, Erapolitik.com – Ribuan masyarakat Lampung nampak antusias untuk datang ke acara ‘Hajatan Rakyat Lampung’ di Lapangan Expo, Lampung Selatan, Senin (22/1/2023). Acara ini dihadiri langsung oleh Calon Presiden Ganjar Pranowo.

Di bawah terik sinar matahari, masyarakat Lampung tetap semangat menanti kehadiran Ganjar yang akan menyapanya sekaligus berkampanye.

Teriakan Ganjar Presiden pun menggema ketika Capres berambut putih ini tiba di lokasi acara. Dengan energik, Ganjar pun langsung naik ke atas panggung untuk menyapa masyarakat Lampung yang sudah menantinya.

“Selamat siang masyarakat Lampung,” kata Ganjar sambil menyapa masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Ganjar turut melakukan edukasi terkait pencoblosan surat suara pada masyarakat agar memberi dukungan untuk Ganjar-Mahfud pada pemilu yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Di tengah panggung telah terlihat replika surat suara yang sangat besar. Surat suara tersebut memperlihatkan foto Ganjar-Mahfud di dalam kotak nomor ketiga di paling pojok kanan.

Ganjar terlihat menyontohkan cara mencoblos surat suara yang benar. Mantan gubernur Jawa Tengah dua periode ini terlihat memegang paku dan mengarahkan ke dalam fotonya di surat suara.

“Kita mau latihan nyobolos, lihat ini surat suaranya dan coblos paling kanan nomor 3,” ucap Ganjar.

Menurut Ganjar, hal ini dilakukannya sebagai bentuk pembelajaran optik dan visual kepada semua calon pemilih ihwal cara mencoblos surat suara secara benar.

“Kami ingin memberikan optik atau visual kepada seluruh calon pemilih begitulah cara mencoblosnya,” ungkap Ganjar.

Ganjar berharap setelah adanya simulasi pencoblosan Pemilu maka mereka pun menjadi terbiasa untuk melakukan pencoblosan di 14 Februari 2024 mendatang.

“Itulah format surat suaranya dan kemudian harapan kita mulai terbit, biasa melihat dan terinternalisasikan, sehingga tidak ada lagi kesulitan bagaimana cara mencoblos,” tegas Ganjar.

Lebih jauh, Ganjar juga mengingatkan kepada masyarakat Lampung untuk dapat mengawal jalannya Pemilu 2024 agar bisa berjalan dengan langsung, umum, bebas, rahasia, serta jujur dan adil.

“Karena itu kita akan naik pada satu tingkat lagi yaitu kawan-kawan menjaga TPS termasuk rekap suara. Setiap tahapan dan itu butuh pengawasan sangat serius, jangan sampai wda kecurangan di sana, kita sudah siapkan pemantau teknologi informasinya agar ketika hitungan ini sudah sesuai,” tutur Ganjar.

“Kami akan menyiasati cara-cara mereka, kalo kemudian melihat kecurangan. Siasat kami adalah menjaga dari TPS sampai ke atas sampai tahap terakhir. Tentu saja, kita harus ikut mengawasi semua, saya mengingatkan kepada seluruh warga hayo kita awasi, ayo kita jaga agar tidak ada kecurangan di sana,” imbuh Ganjar. (kafi)

Foto: Tim Media Ganjar-Mahfud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *